BIMTEK KEGIATAN BANKEU UNTUK PEMBANGUNAN SARPRAS PEDESAAN 2023
BIMTEK KEGIATAN BANKEU UNTUK PEMBANGUNAN SARPRAS PEDESAAN 2023

Jumat, 03 Mar 2023 | 09:24:48 WIB - Oleh Administrator


Bimbingan Teknis (Bimtek) merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun institusi tertentu. Adapun Bimbingan Teknis Kegiatan Bantuan Keuangan untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Pedesaan Kabupaten Pati Tahun 2023 yang di selenggaraan DPUTR Pati merupakan upaya pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaksana kegiatan.

Pelaksana kegiatan bimtek yakni Pemerintah Desa. Materi bimtek diberikan secara teknis, baik dalam melakukan proses pembuatan Rencana Kerja, menyusun gambar kerja bahkan cara menganalisa jenis konstruksi pekerjaan yang harus dibuat dari sebuah kegiatan tersebut dengan sistem kerja seefektif mungkin dan mudah dipahami, mudah dikerjakan oleh Pemerintah Desa yang mendapatkan Bantuan Keuangan untuk pembangunan sarana dan prasarana pedesaan.

Berdasarkan hal tersebut, DPUTR Pati melalui Sekretaris menyelenggaralan kegiatan Bimbingan Teknis Kegiatan Bantuan Keuangan untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Pedesaan Tahun 2023. Acara Rapat Bimtek tersebut digelar di Ruang Aula DPUTR Kabupaten Pati, Kamis (2/03/2023). Adapun Pemerintahan Desa yang hadir dalam acara tersebut yaitu :  Pemerintahan Desa Di Wilayah Kecamatan Pati, Margorejo, Gembong, Tlogowungu, Gabus, Tayu, Margoyoso, Gunungwungkang, Cluwak, Dukuhseti, Trangkil dan Sebagian Pemerintah Desa di Wilayah Kecamatan Juwana.

Sekretaris, Kristina Inti Retnoningrum, ST, MM dalam sambutannya yang sekaligus menjadi narasumber kegiatan Bimtek tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya Peraturan Bupati Pati Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Keuangan Bersifat Khusus dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Pemerintah Desa diharapkan dapat merencanakan kegiatan dengan benar dan dapat melaksanakan kegiatan tersebut dengan tepat waktu, tepat mutu dan kualitasnya. Karena pembangunan yang telah dikerjaan oleh Pemerintah Desa akan memberi dampak yang baik untuk peningkatan sarana dan prasana masyarakat pedesaan.

Dengan adanya jenis – jenis pekerjaan Bantuan Keuangan Sarana dan Prasarana Pedesaan yang beragam, maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menghadirkan langsung narasumber teknis yang membidangi yakni Kepala Bidang Sumber Daya Air, Kepala Bidang Cipta Karya, Kepala Bidang Bina Marga.