Pandemi Virus Corona, WHO memperingatkan bahwa percepatan perkembangannya telah melewati angka 300.0
Pandemi Virus Corona, WHO memperingatkan bahwa percepatan perkembangannya telah melewati angka 300.000 kasus

Selasa, 24 Mar 2020 | 10:40:14 WIB - Oleh Administrator


www.bbc.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa penyakit pandemi coronavirus "semakin cepat perkembangnya", dengan lebih dari 300.000 kasus sekarang yang telah dikonfirmasi. Butuh 67 hari dari yang telah dilaporkan yaitu Covid-19  yang pertama untuk telah mencapai 100.000 kasus, kedua selama 11 hari telah mencapai 100.000 kasus, dan ketiga telah mencapai 100.000 kasus hanya selama empat hari .

Tetapi Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan masih mungkin untuk "mengubah lintasan".

Dia mendesak negara-negara untuk mengadopsi pengujian yang ketat dan strategi pelacakan kontak.

"Yang paling penting adalah apa yang kami lakukan. Anda tidak bisa memenangkan pertandingan sepakbola dengan bertahan. Anda harus menyerang juga," katanya dalam konferensi pers bersama dengan presiden FIFA Gianni Infantino untuk meluncurkan kampanye "kick out coronavirus" yang menampilkan para pesepakbola. .

Dr Tedros mengatakan meminta orang untuk tetap di rumah dan tindakan menjauhkan fisik lainnya adalah cara penting untuk memperlambat penyebaran virus, tetapi menggambarkan mereka sebagai "tindakan defensif yang tidak akan membantu kita untuk menang".

"Untuk menang, kita perlu menyerang virus dengan taktik agresif dan bertarget - menguji setiap kasus yang dicurigai, mengisolasi dan merawat setiap kasus yang dikonfirmasi, dan mengejar dan mengkarantina setiap kontak dekat."

Dr Tedros menyatakan khawatir atas laporan dari seluruh dunia tentang sejumlah besar infeksi di kalangan petugas kesehatan, yang tampaknya merupakan akibat dari kekurangan peralatan perlindungan pribadi yang memadai.

"Petugas kesehatan hanya dapat melakukan pekerjaan mereka secara efektif ketika mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dengan aman," ia memperingatkan. "Bahkan jika kita melakukan segalanya dengan benar, jika kita tidak memprioritaskan melindungi petugas kesehatan, banyak orang akan mati karena petugas kesehatan yang bisa menyelamatkan hidup mereka sakit."

Dia mengatakan WHO telah bekerja dengan mitranya untuk merasionalisasi dan memprioritaskan penggunaan peralatan pelindung, dan untuk mengatasi kekurangan global itu.

Namun dia mencatat: "Langkah-langkah yang dilakukan untuk memperlambat penyebaran virus mungkin memiliki konsekuensi yang tidak disengaja memperburuk kekurangan alat pelindung esensial dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya."

Kepala WHO menyerukan "komitmen politik dan koordinasi politik di tingkat global" dan mengatakan ia akan meminta para pemimpin kelompok negara-negara G20 minggu ini untuk bekerja sama untuk meningkatkan produksi peralatan pelindung, menghindari larangan ekspor dan memastikan pemerataan distribusi atas dasar kebutuhan.

Chart showing global cases, recoveries and deaths

 

Perlawanan Eropa melawan virus semakin intensif Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan pada Senin malam bahwa, dengan efek langsung, "orang hanya akan diizinkan meninggalkan rumah mereka ... untuk tujuan yang sangat terbatas". Mereka termasuk berbelanja untuk kebutuhan dasar, mengambil satu bentuk olahraga per hari, memenuhi segala kebutuhan medis, atau bepergian ke tempat kerja jika bekerja dari rumah tidak mungkin. Jumlah orang yang telah meninggal di Inggris naik menjadi 335 pada hari Senin. PM mengumumkan pembatasan baru yang ketat terhadap kehidupan di Inggris Di Italia, negara yang paling terpukul di dunia, pihak berwenang mengatakan 602 orang dengan Covid-19 telah tewas dalam 24 jam terakhir, menjadikan total korban tewas di sana menjadi 6.077. Tetapi kenaikan harian adalah yang terkecil sejak Kamis, meningkatkan harapan bahwa pembatasan ketat yang diberlakukan oleh pemerintah mulai berpengaruh. Spanyol, bagaimanapun, mengatakan korban tewasnya telah meningkat 462 menjadi 2.182 -peningkatan 27%. Prancis melaporkan 186 kematian baru, sehingga totalnya menjadi 860. Pemerintah akan memperketat penguncian di sana mulai Selasa, dengan ketat membatasi latihan fisik dan menutup sebagian besar pasar terbuka. Sementara itu, anggota Komite Olimpiade Internasional Dick Pound mengatakan Olimpiade Tokyo 2020 akan ditunda satu tahun karena coronavirus. Namun, Komite Olimpiade Internasional belum secara resmi mengumumkan keputusan tentang masa depan Olimpiade. Komite Olimpiade Internasional telah memberikan waktu empat minggu untuk memutuskan masa depan pertandingan, tetapi Australia dan Kanada mengatakan mereka tidak akan bertanding di Jepang musim panas ini dan Inggris mengatakan tidak mungkin akan mengirim tim.