Pesawat Garuda yang Angkut 69 WNI Awak Kapal Diamond Princess Tiba di Bandara Kertajati

Senin, 02 Mar 2020 | 04:33:38 WIB - Oleh Administrator


KOMPAS.com - Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut 69 WNI dari Kapal Diamond Princess tiba di Bandara Kertajati, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020) pukul 23.00 WIB. Pantauan dari siaran langsung Kompas TV, tangga turun penumpang sudah disiapkan di pintu pesawat. Nampak bus RSPAD yang disiapkan untuk menjemput para WNI tersebut sudah parkir begitu dekat di depan tangga pesawat.
Pemerintah menyiapkan 5 bus RSPAD yang akan mengantar para WNI tersebut menuju pelabuhan PLTU Indramayu, yang selanjutnya akan menyebrang ke Pulau Sebaru Kecil. Petugas yang memakai pakaian pelindung nampak berjaga-jaga di tangga pintu keluar pesawat. Para petugas ini bakal menyemprotkan cairan disinfektan ke tubuh penumpang yang turun pesawat. Ini merupakan proses sterilisasi. 
Sebelumnya, para WNI tersebut akan menuju pelabuhan PLTU Indramayu pada pukul 00.30 WIB untuk menuju lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil. Direncanakan, rombongan berangkat ke Pulau Sebaru pada pukul 03.00 WIB dengan KRI dr Soeharso. Adapun proses evakuasi dilakukan berkaitan dengan virus corona yang telah menyebar di kapal pesiar tersebut.