Pra Validasi KLHS RDTR Kecamatan Pati
Pra Validasi KLHS RDTR Kecamatan Pati

Rabu, 17 Mei 2023 | 08:05:21 WIB - Oleh Administrator


Pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pati melalui DPUTR sebagai Dinas Teknis yang menangani urusan Tata Ruang telah melaksanakan penyusunan Materi Teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Kecamatan Pati. Pada tahun yang sama, peta dasar RDTR Wilayah Perencanaan Kecamatan Pati telah mendapatkan persetujuan dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Dokumen lain yang disyaratkan untuk mendampingi RDTR Kecamatan Pati adalah Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). KLHS disusun oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten dan harus mendapatkan validasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi.

Selasa tanggal 16 Mei 2023 kemarin, telah dilaksanakan rapat pra validasi RDTR Kecamatan Pati secara hybrid di DLH Kabupaten Pati. Acara tersebut diawali dengan survei beberapa sampel lokasi Kebijakan, Rencana,dan Program (KRP) berdampak RDTR Kecamatan Pati oleh DLHK Provinsi Jawa Tengah yang didampingi tim DLH Kabupaten Pati serta tim DPUTR Kabupaten Pati. KRP berdampak yang dimaksud antara lain adalah Zona Kawasan Peruntukan Industri (KPI), Zona Perumahan, Zona Perdagangan dan Jasa, serta Jaringan Persampahan.

Acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi pra validasi yang dihadiri secara luring oleh DLHK Provinsi Jawa Tengah beserta Pokja KLHS RDTR Kecamatan Pati, dan dihadiri secara daring oleh tim pembahas KLHS Provinsi Jawa Tengah. Dalam agenda tersebut, tim pembahas KLHS Provinsi Jawa Tengah memberikan masukan dan catatan-catatan perbaikan terhadap dokumen KLHS Kecamatan Pati untuk penyempurnaan dokumen. Setelah dilaksanakan pra validasi, maka tahap selanjutnya yang harus ditempuh dalam penyusunan KLHS RDTR Kecamatan Pati adalah Validasi KLHS.