Rakor Program Sanitasi Desa Tahun 2023
Rakor Program Sanitasi Desa Tahun 2023 Program Sanitasi di Desa berupa Pembangunan Tangkiseptik Individual sebanyak 48 Desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pati.

Kamis, 16 Mar 2023 | 08:41:46 WIB - Oleh Administrator


Selasa, 14 Maret 2023 diadakan Rakor Program Sanitasi Desa Tahun 2023 yang bertempat di Rumah Makan Sumber Urip Desa Plangitan Kecamatan Pati. Kegiatan tersebut dihadiri oleh DPUTR Pati, Tenaga Ahli Komisi V DPR RI, Koordinator Fasilitator Kabupaten, seluruh Tenaga Pendamping baik Teknik maupun Pemberdayaan dari Kabupaten Pati, Demak dan Blora.

Dalam kesempatan tersebut Ka.DPUTR Kabupaten Pati yang diwakili oleh Nur Kartiko Wulan menyampaikan bahwa sesuai dengan amanat RPJMN dimana sanitasi air limbah domestik aman tahun 2024 mencapai 20% dan Kabupaten Pati sudah mencapai 16,15% air limbah domestik aman. Untuk mengejar amanat RPJMN tersebut Kabupaten Pati sangat berterima kasih mendapatkan Program Sanitasi Desa berupa Pembangunan Tangkiseptik Individual sebanyak 48 Desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pati. Dalam mendukung program tersebut, DPUTR Pati berperan sebagai pengampu program sanitasi di Kabupaten Pati.

Harapan Pemerintah Kabupaten Pati, hendaknya program yang terbangun tersebut mememenuhi kriteria konstruksi yang dapat menghasilkan olahan air limbah domestik aman bukan hanya sekedar membangun dan memindahkan serta menumpuk bakteri dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu yang sangat panjang. Demikian juga termasuk para tenaga pendamping yang direkrut di tempat kerjanya masing masing harus benar benar membawa misi tugas yang baik dan bertanggung jawab sehingga dihasilkan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel serta memenuhi persyaratan teknis yang dianjurkan. Serta yang jauh lebih penting adalah partisipasi masyarakat  untuk menerima dan merawat serta mengelola hasil pembangunan dengan baik.