\"Sangat Baik\" Mutu Pelayanan Publik DPUTR Semester Ini
\"Sangat Baik\" Mutu Pelayanan Publik DPUTR Semester Ini

Kamis, 23 Nov 2023 | 14:42:25 WIB - Oleh Administrator


Dalam rangka meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Pati dalam memberikan pelayanan Publik kepada masyarakat untuk mewujudkan visi dan misinya, maka dilaksanakan pengukuran tingkat “Kepuasan Masyarakat” melalui metode survey. Survey ini bertujuan untuk mendapatkan feed back/umpan balik atas kinerja/kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat guna perbaikan/peningkatan kinerja/kualitas pelayanan secara berkesinambungan.

Survey menggunakan sistem Elektronik Survey Kepuasan Masyarakat (e-SKM) dengan menyebarkan Barcode. Survey dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 15 November 2023. Survey dilakukan kepada responden yang telah mendapatkan pelayanan DPUTR Kabupaten Pati. Responden dipilih secara acak sesuai dengan cakupan wilayah masing-masing unit pelayanan, dengan cakupan pelayanan untuk 21 Kecamatan. Jumlah responden yang mengisi kuesioner adalah sebanyak 100 responden. Metode pelaksanaan survey terdiri dari persiapan, pengumpulan data (survey), pengolahan data & analisis survey, dan yang terakhir adalah penyusunan laporan/rekomendasi.

Berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat Tahun 2023 Semester 2 di DPUTR Kab Pati, didapatkan hasil Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan publik adalah sebesar 96% sehingga masuk kategori mutu pelayanan “Sangat Baik”. Sebagian besar responden yang mengisi kuesioner adalah masyarakat dengan pendidikan terakhir Sarjana S1 dengan persentase 60% dari total responden.

Dengan hasil ini maka semua unsur pelayanan di DPUTR Kab Pati masuk dalam kategori mutu pelayanan “Sangat Baik” menurut penilaian dari masyarakat, sehingga hal ini perlu dipertahankan guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.