SKM DPUTR KABUPATEN PATI
SKM DPUTR KABUPATEN PATI

Rabu, 30 Jun 2021 | 16:28:13 WIB - Oleh Administrator


SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG

KABUPATEN PATI

 

Kualitas pelayanan publik merupakan sebuah indikator utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mulai pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Bahkan Kementerian PANRB mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penghargaan bagi instansi pemerintah yang melakukan Inovasi Pelayanan Publik serta kewajiban melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat.

 

Survey Kepuasan Masyarakat bertujuan untuk mendapatkan feed back / umpan balik atas kinerja/ kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat guna perbaikan/ peningkatan kinerja/ kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Program ini diselenggarakan untuk melaksanakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan kepemimpinan yang baik (good governance).

 

Survey Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian hasil survey.

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati dalam hal ini melaksanakan Kuisioner Survey Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan di kantor DPUTR Kabupaten Pati dan kegiatan di lapangan yang tersebar di 21 Kecamatan Kabupaten Pati pada Tahun 2020. Unsur Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat meliputi :

  • Rekomendasi Sertifikasi Ijin Usaha Jasa Konstruksi.
  • Rekomendasi Ijin terkait Penggunaan Tata Ruang Kabupaten Pati.
  • Rekomendasi Ijin Penggunaan Sarana dan Prasarana Publik (Stadion Joyokusumo, Penggunaan Bahu Jalan, Penggunaan Jaringan Irigasi Teknis dan lain-lain).
  • Layanan Pembangunan dan atau Pemeliharan Jalan, Jembatan, Irigasi, Embung / Dump Irigasi, Talud, Drainase, Trotoar, Gedung milik Aset Pemerintah Kabupaten Pati, PJU, Persampahan, Pertamanan.
  • SPALD dan Workshop / Penggunaan Alat Berat.

 

Adapun kesimpulan yang didapat dari hasil Survey Kepuasan Masyarakat tersebut adalah :

  • Nilai realisasi kepuasan masyarakat pada Pelayanan Publik di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati sebesar 3,21  dengan GAP antara rata-rata realitas Kepuasan dan Harapan sebesar -0,04; dan CS Index sebesar 80,15 sehingga masuk kategori “Baik atau Puas”.
  • Unsur Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/ Tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi Pelayanan, Maklumat pelayanan merupakan komponen yang menjadi keunggulan dari pelayanan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati. Atribut ini berada  di Kuadran IV yang  merupakan  atribut  dengan  tingkat  kepentingan  dan kinerja / pelayanan  yang sebagian besar dinilai baik oleh masyarakat sehingga merupakan nilai positif untuk pelayanan jasa Publik di DPUTR Kabupaten Pati dan perlu dipertahankan.

 

Dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan pelayanan maka perlu memperhatian hal-hal yang menjadi prioritas pembenahan yang didasarkan pada keluhan pelanggan / masyarakat diantaranya :

  • Memperbaiki sistem pelayanan agar dapat mempercepat proses pengurusan pelayanan publik di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
  • Meningkatkan kompetensi petugas dalam berkomunikasi dengan memberikan pelatihan /  training yang berkaitan dengan pelayanan publik.
  • Menginformasikan / mensosialisasikan persyaratan pembuatan dokumen terkait bidang Pekerjaan Umum dengan cara pembuatan brosur/spanduk agar masyarakat dapat mengetahui dengan jelas.
  • Mempermudah prosedur pengaduan secara online karena sebagian besar responden telah mempunyai smartphone.
  • Membuat  alur  pelayanan pada  ruang  pelayanan  dan  menyediakan  petugas khusus bagian informasi.

 

Berikut Kuesionernya :

 

KUESIONER KEPUASAN MASYARAKAT

DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG

KABUPATEN PATI

 

IDENTITAS RESPONDEN

             
             

Nomor Responde

:

…………………………………

             

Nama Responden

:

…………………………………

             

No Hp/ Telp

 

:

…………………………………

             

Alamat

     

:

…………………………………

             

Jenis Kelamin

 

:

1. Laki-laki                   

           

2. Perempuan

             

Pendidikan Terakhir

:

1. SD

           

2. SLTP

           

3. SLTA

           

4. D1-D3-D4

           

5. S-1

           

6. S-2 Keatas

             

Pekerjaan Utama

:

1. PNS/TNI/Polri           

           

2. Pegawai Swasta

           

3. Wiraswasta              

           

4. Pelajar / Mahasiswa

           

5. Lainya

             

Pendapatan Perbulan

:

1. Dibawah UMK (< Rp 1.891.000,-)

           

2. Diatas UMK (> Rp 1.891.000,-)

 

B – PERTANYAAN TERTUTUP

 

B1.  (B1-1) Berdasarkan pengalaman saudara, seberapa puaskah Saudara/i terhadap Pelayanan yang diberikan pada  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati?

B2.  (B1-2) Berdasarkan pengalaman saudara, bagaimana harapan Saudara/i terhadap Pelayanan yang diberikan pada  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati?

Keterangan

Skala 1      : Tidak Baik atau Tidak Puas

Skala 2      : Kurang Baik atau Kurang Puas

Skala 3      : Baik atau Puas

Skala 4      : Sangat Baik atau Sangat Puas

 

 

 

Atribut Kepuasan

B1-1

Kepuasan

(Skala 1 – 4)

B1-2

Harapan

(Skala 1 – 4)

Persyaratan

1.1

Apakah persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan yang diberikan sudah sesuai dan mudah di pahami seperti Pamflet atau banner yang ada?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

1.2

Apakah persyaratan Adminitratif dengan mudah saudara penuhi sesuai petunjuk yang telah disediakan?

1       2     3     4

1      2      3      4

Prosedur

2.1

Apakah petugas melayani saudara sudah sesuai dengan prosedur yang telah ada?

1       2     3     4

1      2      3      4

2.2

Apakah prosedur Pelayanan mudah dipahami seperti Pamflet atau banner yang ada?

1       2     3     4

1      2      3      4

Waktu Pelayanan

3.1

Apakah waktu pelayanan di unit ini sudah sesuai dengan jadwal yang di tentukan/ di informasikan ke masyarakat?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

3.2

Bagaimana   pendapat   saudara   tentang   ketepatan   pelaksanaan pelayanan terhadap jangka waktu yang ditetapkan di unit ini?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

Biaya atau Tarif

4.1

Apakah biaya yang dibayarkan sesuai dengan yang ditetapkan?

1       2     3     4

1      2      3      4

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

5.1

Apakah hasil pelayanan yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

Kompetensi Pelayanan

6.1

Bagaimana  pendapat  saudara  tentang  kemampuan  petugas  dalam memberikan pelayanan?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

6.2

Bagaimana pendapat saudara tentang tanggung jawab petugas dalam memberikan layanan?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

Perilaku Pelaksana

7.1

Bagaimana  pendapat  saudara  tentang  kesopanan  dan  keramahan petugas dalam memberikan pelayanan di unit ini?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

7.2

Bagaimana   penampilah / kerapian   petugas   dalam   memberikan pelayanan di unit ini?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

Maklumat Pelayanan

8.1

Apakah petugas telah melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar / janji pelayanan?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

9.1

Bagaimana menurut saudara tentang tata cara pengaduan dalam pelayanan?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

9.2

Apakah petugas memperhatikan dan menanggapi keluhan, saran dan masukan saudara dengan baik dan cepat?

 

1       2     3     4

 

1      2      3      4

 

 

 

B3.  DENGAN MENGACU PADA JAWABAN PERTANYAAN B1 dab B2.

Bila Saudara/i merasa TIDAK PUAS/ KURANG PUAS jawaban pada kolom Kepuasan: 1 atau 2) berikanlah detail keluhan

Saudara/i. Misal: pada bagian, tempat atau kapan hal itu terjadi dan apa yang Anda keluhkan?

 

................................................................................................................................

 

................................................................................................................................

 

................................................................................................................................

 

................................................................................................................................

 

................................................................................................................................

 

................................................................................................................................

 

 

 

B4.  Adakah biaya yang dikenakan dalam mengurus pelayanan unit?

 

1. Ada, besarnya ....................................................... 2. Tidak

 

 

B5.  DAN SARAN YANG INGIN DISAMPAIKAN RESPONDEN

(Tuliskan keluhan maupun saran yang ingin disampaikan masyarakat/responden)

 

1.      KELUHAN YANG DIALAMI MASYARAKAT / RESPONDEN SELAMA MENDAPATKAN PELAYANAN (Misal : Fasilitas, Kenyamanan,Keamanana, kebersihan, dll)

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

2.      SARAN YANG INGIN DISAMPAIKAN DALAM RANGKA PERBAIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................

 

.................................................................................................................................