Mulai Hari Ini Bisa Rapid Test di Stasiun, Ini Syaratnya
Mulai Hari Ini Bisa Rapid Test di Stasiun, Ini Syaratnya

Senin, 27 Jul 2020 | 07:38:32 WIB - Oleh Administrator



KOMPAS.com – Mulai hari ini, Senin (27/7/2020),  rapid test Covid-19 untuk pengguna kereta api jarak jauh bisa dilakukan di stasiun. Untuk tahap awal, pelaksanaan rapid test dimulai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Selanjutnya, secara bertahap bisa dilakukan di 12 stasiun lainnya. Calon penumpang yang belum melakukan rapid test, maka dapat melakukan tes di stasiun. Penyelenggaraan rapid test di stasiun merupakan kerja sama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Adapun tarif rapid test di stasiun dikenakan biaya Rp 85.000. Apa yang harus diperhatikan jika ingin melakukan rapid test di stasiun? VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jika melakukan tes di hari keberangkatan, sebaiknya datang lebih awal dari jadwal keberangkatan.  “Kalau mau datang di hari keberangkatan bisa, tapi kami imbau paling lambat 30 menit sebelumnya karena kan harus menunggu pelayanan,” ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/7/2020).

Pelayanan rapid test di stasiun berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB. Jika calon penumpang menggunakan kereta api dengan jadwal pagi hari, maka sebaiknya melakukan rapid test sehari sebelumnya.

Joni mengatakan, tidak ada ketentuan berapa hari sebelum keberangkatan calon penumpang harus melakukan  rapid test.

Yang perlu diingat, jangka waktu rapid test adalah 14 hari. Hasil rapid test bisa digunakan untuk naik kereta lebih dari sekali.

“Jadi kami enggak masalah berapa kali waktu naik keretanya. Tapi sesuai aturan pemerintah, masa berlaku rapid test 14 hari. Jadi, penumpang itu selama masa waktu 14 hari monggo mau naik kereta berapa kali,” ujar dia.

Syarat rapid test di stasiun

Apa saja syarat bagi mereka yang ingin melakukan rapid test di stasiun? Syaratnya, penumpang hanya perlu menunjukkan tiket atau kode booking tiket KA jarak jauh. “Misal, 3 hari lagi mau berangkat, tapi mau rapid-nya sekarang, bisa. Syaratnya, menunjukkan kode booking pemesanan tersebut bahwa mereka sudah melakukan pemesanan kereta api,” kata Joni. Ia mengimbau, mereka yang ingin melakukan rapid test di stasiun sebelum naik kereta api, agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Pihak KAI akan menempatkan petugas untuk memastikan  antrean sesuai aturan jaga jarak. KAI juga sudah mempersiapkan marka untuk memastikan protokol jaga jarak terpenuhi. Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. Joni mengatakan, PT KAI telah menerapkan beberapa protokol kesehatan di antaranya pengecekan suhu sebelum berangkat dan setiap 3 jam sekali di atas kereta. Selain itu, disediakan face shield gratis bagi penumpang.