SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT
DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG
KABUPATEN PATI
Kualitas pelayanan publik merupakan sebuah indikator utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mulai pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Bahkan Kementerian PANRB mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penghargaan bagi instansi pemerintah yang melakukan Inovasi Pelayanan Publik serta kewajiban melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat.
Survey Kepuasan Masyarakat bertujuan untuk mendapatkan feed back / umpan balik atas kinerja/ kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat guna perbaikan/ peningkatan kinerja/ kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Program ini diselenggarakan untuk melaksanakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan kepemimpinan yang baik (good governance).
Survey Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan penyajian hasil survey.
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati dalam hal ini melaksanakan Kuisioner Survey Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan di kantor DPUTR Kabupaten Pati dan kegiatan di lapangan yang tersebar di 21 Kecamatan Kabupaten Pati pada Tahun 2020. Unsur Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat meliputi :
- Rekomendasi Sertifikasi Ijin Usaha Jasa Konstruksi.
- Rekomendasi Ijin terkait Penggunaan Tata Ruang Kabupaten Pati.
- Rekomendasi Ijin Penggunaan Sarana dan Prasarana Publik (Stadion Joyokusumo, Penggunaan Bahu Jalan, Penggunaan Jaringan Irigasi Teknis dan lain-lain).
- Layanan Pembangunan dan atau Pemeliharan Jalan, Jembatan, Irigasi, Embung / Dump Irigasi, Talud, Drainase, Trotoar, Gedung milik Aset Pemerintah Kabupaten Pati, PJU, Persampahan, Pertamanan.
- SPALD dan Workshop / Penggunaan Alat Berat.
Adapun kesimpulan yang didapat dari hasil Survey Kepuasan Masyarakat tersebut adalah :
- Nilai realisasi kepuasan masyarakat pada Pelayanan Publik di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati sebesar 3,21 dengan GAP antara rata-rata realitas Kepuasan dan Harapan sebesar -0,04; dan CS Index sebesar 80,15 sehingga masuk kategori “Baik atau Puas”.
- Unsur Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya/ Tarif, Produk spesifikasi jenis pelayanan, Kompetensi Pelayanan, Maklumat pelayanan merupakan komponen yang menjadi keunggulan dari pelayanan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati. Atribut ini berada di Kuadran IV yang merupakan atribut dengan tingkat kepentingan dan kinerja / pelayanan yang sebagian besar dinilai baik oleh masyarakat sehingga merupakan nilai positif untuk pelayanan jasa Publik di DPUTR Kabupaten Pati dan perlu dipertahankan.
Dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan pelayanan maka perlu memperhatian hal-hal yang menjadi prioritas pembenahan yang didasarkan pada keluhan pelanggan / masyarakat diantaranya :
- Memperbaiki sistem pelayanan agar dapat mempercepat proses pengurusan pelayanan publik di bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.
- Meningkatkan kompetensi petugas dalam berkomunikasi dengan memberikan pelatihan / training yang berkaitan dengan pelayanan publik.
- Menginformasikan / mensosialisasikan persyaratan pembuatan dokumen terkait bidang Pekerjaan Umum dengan cara pembuatan brosur/spanduk agar masyarakat dapat mengetahui dengan jelas.
- Mempermudah prosedur pengaduan secara online karena sebagian besar responden telah mempunyai smartphone.
- Membuat alur pelayanan pada ruang pelayanan dan menyediakan petugas khusus bagian informasi.
Berikut Kuesionernya :
KUESIONER KEPUASAN MASYARAKAT
DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG
KABUPATEN PATI
IDENTITAS RESPONDEN |
||||||
Nomor Responde |
: |
………………………………… |
||||
Nama Responden |
: |
………………………………… |
||||
No Hp/ Telp |
: |
………………………………… |
||||
Alamat |
: |
………………………………… |
||||
Jenis Kelamin |
: |
1. Laki-laki |
||||
2. Perempuan |
||||||
Pendidikan Terakhir |
: |
1. SD |
||||
2. SLTP |
||||||
3. SLTA |
||||||
4. D1-D3-D4 |
||||||
5. S-1 |
||||||
6. S-2 Keatas |
||||||
Pekerjaan Utama |
: |
1. PNS/TNI/Polri |
||||
2. Pegawai Swasta |
||||||
3. Wiraswasta |
||||||
4. Pelajar / Mahasiswa |
||||||
5. Lainya |
||||||
Pendapatan Perbulan |
: |
1. Dibawah UMK (< Rp 1.891.000,-) |
||||
2. Diatas UMK (> Rp 1.891.000,-) |
B – PERTANYAAN TERTUTUP
B1. (B1-1) Berdasarkan pengalaman saudara, seberapa puaskah Saudara/i terhadap Pelayanan yang diberikan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati?
B2. (B1-2) Berdasarkan pengalaman saudara, bagaimana harapan Saudara/i terhadap Pelayanan yang diberikan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pati?
Keterangan
Skala 1 : Tidak Baik atau Tidak Puas
Skala 2 : Kurang Baik atau Kurang Puas
Skala 3 : Baik atau Puas
Skala 4 : Sangat Baik atau Sangat Puas
Atribut Kepuasan |
B1-1 Kepuasan (Skala 1 – 4) |
B1-2 Harapan (Skala 1 – 4) |
|
Persyaratan |
|||
1.1 |
Apakah persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan yang diberikan sudah sesuai dan mudah di pahami seperti Pamflet atau banner yang ada? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
1.2 |
Apakah persyaratan Adminitratif dengan mudah saudara penuhi sesuai petunjuk yang telah disediakan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Prosedur |
|||
2.1 |
Apakah petugas melayani saudara sudah sesuai dengan prosedur yang telah ada? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
2.2 |
Apakah prosedur Pelayanan mudah dipahami seperti Pamflet atau banner yang ada? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Waktu Pelayanan |
|||
3.1 |
Apakah waktu pelayanan di unit ini sudah sesuai dengan jadwal yang di tentukan/ di informasikan ke masyarakat? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
3.2 |
Bagaimana pendapat saudara tentang ketepatan pelaksanaan pelayanan terhadap jangka waktu yang ditetapkan di unit ini? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Biaya atau Tarif |
|||
4.1 |
Apakah biaya yang dibayarkan sesuai dengan yang ditetapkan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan |
|||
5.1 |
Apakah hasil pelayanan yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Kompetensi Pelayanan |
|||
6.1 |
Bagaimana pendapat saudara tentang kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
6.2 |
Bagaimana pendapat saudara tentang tanggung jawab petugas dalam memberikan layanan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Perilaku Pelaksana |
|||
7.1 |
Bagaimana pendapat saudara tentang kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan di unit ini? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
7.2 |
Bagaimana penampilah / kerapian petugas dalam memberikan pelayanan di unit ini? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Maklumat Pelayanan |
|||
8.1 |
Apakah petugas telah melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar / janji pelayanan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
|||
9.1 |
Bagaimana menurut saudara tentang tata cara pengaduan dalam pelayanan? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
9.2 |
Apakah petugas memperhatikan dan menanggapi keluhan, saran dan masukan saudara dengan baik dan cepat? |
1 2 3 4 |
1 2 3 4 |
B3. DENGAN MENGACU PADA JAWABAN PERTANYAAN B1 dab B2.
Bila Saudara/i merasa TIDAK PUAS/ KURANG PUAS jawaban pada kolom Kepuasan: 1 atau 2) berikanlah detail keluhan
Saudara/i. Misal: pada bagian, tempat atau kapan hal itu terjadi dan apa yang Anda keluhkan?
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
B4. Adakah biaya yang dikenakan dalam mengurus pelayanan unit?
1. Ada, besarnya ....................................................... 2. Tidak
B5. DAN SARAN YANG INGIN DISAMPAIKAN RESPONDEN
(Tuliskan keluhan maupun saran yang ingin disampaikan masyarakat/responden)
1. KELUHAN YANG DIALAMI MASYARAKAT / RESPONDEN SELAMA MENDAPATKAN PELAYANAN (Misal : Fasilitas, Kenyamanan,Keamanana, kebersihan, dll)
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
2. SARAN YANG INGIN DISAMPAIKAN DALAM RANGKA PERBAIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................
.................................................................................................................................